Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah

Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow

Redesign Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ISMUBA

E-mail Print

DIKDASMEN - Melihat adanya perubahan zaman yang begitu cepat dan munculnya tuntutan terhadap kurikulum yang bersifat dinamis, akomodatif terhadap dimensi akademik, social dan persyarikatan serta tidak membani peserta didik secara berlebihan, dan berorientasi pada kompetensi dan peningkatan mutu berkelanjutan, Majelis DIKDASMEN PWM DIY selenggarakan kegiatan seminar dan lokakarya, Jumat-Minggu (1-3/4/2011) di gedung LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) D.I.Y.  Sleman.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIYMenurut Ketua Majelis Dikdasmen PWM DIY Mami Hajaroh, M.Pd. kegiatan ini bertujuan untuk meninjau ulang kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan dan dinamika perubahan yang tengah terjadi. “Peninjauan ulang kurikulum ini berlaku bagi semua kurikulum di sekolah, dan salah satunya adalah kurikulum mata pelajaran al Islam, Kemuhammadiyahan, dan bahasa Arab (ISMUBA).” Kata Mami dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi.

“Tiga hal penting yang perlu ditinjau ulang  tersebut, pertama, rumusan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK/SD) kurikulum ISMUBA belum memenuhi integrasi kompetensi antar unsure. Kedua, KD dan indicator dalam kurikulum/silabus belum beranjak dari level taksonomi dari hasil belajar yang setingkat lebih tinggi dari yang selama ini ada. Ketiga, belum menampung isu-siu perkembangan hasil muktamar Muhammadiyah satu abad dan juga dinamika masyarakat yang flat, demokratis dan pluralis.”, jelasnya.

Sehingga berdasar hal di atas, perlu dilakukan peninjauan ulang terhadap muatan kurikulum ISMUBA sampai pada instrumental input lainnya seperti silabus dan bahan ajar. “Dengan ikhitiar ini, diharapkan visi misi pendidikan Muhammadiyah dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan.” Ujarnya


Farid Setiawan, S.Pd., Sekretasi Majelis Dikdasmen menngungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan ini akan melibatkan beberapa tokoh pendidikan, penulis buku dan soal ISMUBA SD, SMP/MTs, SMA/SMK Muhammadiyah, Majelis Dikdasmen PDM se-DIY dan segenap undangan. “Tokoh pendidikan yang diundang diantaranyaProf. H. Malik Fadjar, M.Sc. dan Prof. Dr. H. Baedlowi yang akan mengupas tentang arah pendidikan muhammadiyah di era abad ke dua.” Tutur Farid.

Output dari kegiatan ini yaitu menghasilkan rumusan gagasan tentang pemutakhiran kurikulum ISMUBA tahun 2008 pada semua jenjang pendidikan Muhammadiyah sesuai dengan tuntutan persyarikatan dan para stake-holders, juga rumusan mengenai kurikulum ISMUBA yang baru pada semua jenjang pendidikan Muhammadiyah dalam bentuk buku. (Jf)
 

Comments are now closed for this entry

Menu Utama

Rubrikasi


Download

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Resourge

Link Sekolah

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini583
mod_vvisit_counterKemarin874
mod_vvisit_counterMinggu ini3795
mod_vvisit_counterMinggu lalu4079
mod_vvisit_counterBulan ini19245
mod_vvisit_counterBulan lalu14750
mod_vvisit_counterAll days627470